Pacuan Kuda Apik Dari Kefamenanu

Lomba pacuan kuda tradisional di Kefamenanu meriah karena diikuti oleh banyak peserta dari daerah sekitar dan juga peserta dari negara lain seperti Timur Leste.

Tidak hanya Jakarta-Palembang yang tahun ini meriah dengan penyelenggaraan pesta olahraga ASEAN Games karena pesta olahraga baru-baru ini juga diselenggarakan di Kefamenanu.
Jika kamu masih asing, Kefamenanu adalah nama sebuah kabupaten yang berada di kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) provinsi Nusa Tenggara Timur yang berbatasan langsung dengan Timur Leste. Dan di Kefamenanu baru saja terselenggara lomba pacuan kuda tradisional yang pesertanya datang dari mancanegara.
Lomba pacuan kuda tradisional ini baru saja terselenggara dengan sukses pada 18-21 Oktober 2018 kemarin. Dan tidak hanya didukung oleh pemerintahan setempat, acara ini juga didukung penuh oleh Kementrian Pariwisata RI.

Pacuan Kuda. Gambar: travel.kompas.com

Lomba pacuan kuda tradisional di Kefamenanu meriah karena diikuti oleh banyak peserta dari daerah sekitar dan juga peserta dari negara lain seperti Timur Leste. Beberapa distrik Timur Leste yang ikut perlombaan ini adalah distrik Ambeno dan Distrik Cova-Lima.
Asisten Administrasi Setda TTU menjelaskan bahwa lomba pacuan kuda tradisional ini adalah bagian dari rangkaian lomba pacuan kuda tradisional untuk memperebutkan Piala Bupati TTU.
Tidak hanya itu, beliau juga menyatakan bahwa lomba ini juga berfungsi sebagai daya tarik wisatawan untuk lebih mengenal Kefamenanu.
Selain lomba pacuan kuda tradisional, pada bulan September pemerintah daerah Kefamenanu juga sempat memperingati hari ulang tahun (HUT) Kefamenanu ke-96.
Dalam peringatan HUT ini pemerintah daerah Kefamenanu menyelenggarakan karnaval budaya yang diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat sekitar.
Bupati TTU Raymundus Sau Fernandez pun ikut serta dalam penyelenggaraan karnaval budaya. Baliau juga menyatakan bahwa karnaval ini adalah sebuah bentuk penghargaan terhadap budaya daerah yang menjadi kekayaan bangsa Indonesia. Inilah kenapa seluruh etnis yang ada di Kefamenanu dilibatkan dalam karnaval dan diwajibkan menggunakan pakaian adatnya masing-masing.
Sama seperti lomba pacuan kuda tradisional, karnaval budaya di Kefamenanu sepertinya akan menjadi agenda rutin dengan harapan dapat menjadi daya tarik bagi turis lokal atau mancanegara untuk berkunjung ke Kefamenanu.
Kefamenanu biasa dikenal juga dengan nama kota Kefa. Terletak di lembah Bikomi menjadikan tidak banyak sinyal yang masuk ke kota.
Tidak hanya itu, Kefamenanu juga dikenal dengan “Kota Pintar Kedua” karena kota ini memiliki universitas negeri sendiri sekaligus sebagai universitas kedua di pulau Timur. Universitas lain yang ada di pulau Timor adalah Universitas Nusa Cendana yang berada di Kupang.
Itulah sekilas tentang Kefamenanu yang harus kamu ketahui walaupun sebenarnya ada banyak keindahan lain yang dimiliki olehnya.
Tapi setidaknya dari secuil informasi ini kita menjadi tahu bahwa ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk melestarikan budaya dan menjaga kekayaan alam dan budaya yang sudah diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada Indonesia. Jadi, kapan kamu mau berkunjung ke Kefamenanu?



Sumber: Kompas, Wikipedia


<< Sebelumnya               Selanjutnya >>

No comments:

Post a Comment

Terbaru

13 Fakta Kerajaan Majapahit: Ibukota, Agama, Kekuasaan, dan Catatan Puisi

  Pendahuluan Sejarah Kerajaan Majapahit memancarkan kejayaan yang menakjubkan di Nusantara. Dalam artikel ini, kita akan menyelami 20 fakta...