20 Fakta Menarik Gamelan Indonesia


Berbicara tentang kesenian, gamelan adalah salah satu kesenian yang sangat khas dari tanah Nusantara. Bahkan gamelan sudah menjadi image tersendiri bagi beberapa daerah di Indonesia seperti Jawa, Bali, Madura, serta daerah-daerah yang lain.
Secara umum, gamelan adalah instrumen musik yang berasal dari gabungan beberapa alat musik tradisional seperti Saron, Kendang, Demung, Gambang, dan Gong, yang dibunyikan secara bersama-sama.
Dan untuk mengenal lebih jauh tentang Gamelan, berikut 20 fakta menarik Gamelan Indonesia yang harus kita tahu:
1. Fakta pertama dari 20 fakta menarik Gamelan Indonesia berasal dari fakta sejarahnya. Kemunculan Gamelan bermula dari masuknya budaya Hindu-Budha yang masuk ke tanah Nusantara pada masa yang lalu.
Gamelan. Sumber: playworld.id
2. Kerajaan Majapahit merupakan kerajaan yang sangat berpengaruh besar terhadap perkembangan instrumen Gamelan hingga saat ini.
3. Walaupun Gamelan merupakan alat musik tradisional tanah Nusantara, namun musik Gamelan diyakini terdiri dari gabungan banyak pengaruh budaya asing dari luar tanah Nusantara.
4. Dalam mitologi Jawa, Gamelan diciptakan pada era Saka oleh Sang Hyang Guru yang merupakan dewa yang menguasai seluruh dataran tanah Jawa. Sang Hyang Guru diyakini memiliki istana yang berada di atas gunung Mahendra yang terletak di Medankamulan yang sekarang dikenal dengan nama gunung Lawu.
5. Gamelan berasal dari kata Gamel yang berarti memukul. Dinamakan seperti itu karena kabanyakan alat musik yang ada di Gamelan dimainkan dengan cara dipukul atau ditempa.
6. Salah satu kesenian dalam bermain Gamelan dikenal dengan nama Karawitan yang berasal dari kata rawit yang memiliki arti rumit.
7. Dengan bermain Gamelan, pengrawit atau pemain karawit, dapat belajar menahan emosi dan bekerja sama dengan pengrawit lain untuk mencapai instrumen yang diinginkan. Inilah kenapa bermain Gamelan kemudian diyakini mampu mengendalikan bahkan mengubah emosi para pemainnya.
8. Gamelan merupakan pertunjukan musik yang dimainkan secara komunal.
9. Dalam Gamelan tidak ada alat musik dengan nada yang menonjol karena semua pemain setara. Jika ada nada yang menonjol itu menandakan pemainnya tidak serius dalam memainkan Gamelan.
10. Tradisi Sekaten atau tradisi memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW di Solo biasanya diawali dengan upacara Ungeling Gangsa atau memainkan instrumen Gamelan pada siang hari.
11. Relief Gamelan ditemukan pada dinding candi Borobudur yang mengindikasikan bahwa masyarakat Jawa sudah mengenal Gamelan sejak abad 8.
12. Jaap Junst, seorang musikolog asal Belanda, memiliki teori tersendiri tentang Gamelan. Menurutnya, Gamelan adalah alat musik yang berasal dari Cina karena terdapat kemiripan pada nadanya. Penelitian ini dilakukan pada tahun 1930 dan teorinya ini masih diakui oleh musikolog dunia sampai saat ini.
13. Walaupun teori Junst diakui oleh musikolog dunia, namun teori tersebut dibantah oleh seorang dosen karawitan yang berasal dari STSI Bandung, Ir.Priadi Dwi Hardjito (pendiri PTSK ITB, MS’79). Ir.Priadi menciptakan sebuah program yang dapat membuktikan bahwa kemiripan instrumen Tiongkok dengan Gamelan hanya sebesar 14% saja.
14. Walaupun berasal dari tanah Nusantara, Gamelan dikenal dengan baik oleh masyarakat dunia. Bahkan kini Gamelan menjadi mata kuliah wajib di beberapa universitas luar negeri seperti Universitas California yang berada di Barkeley, Amerika Serikat, dan Tokyo University of Fine Art and Music di Jepang. Bahkan di New Zealand School of Music (NZSM) Gamelan Jawa sudah menjadi kurikulum tetap dan kursus untuk mempelajari Gamelan di sana selalu kelebihan kuota peserta.
Gamelan. Sumber: Nusantarakaya.com
15. Di Jepang, musik Gamelan termasuk musik kelas atas karena iramanya yang mampu membuat relaks dan lembut di telinga.
16. Pada tahun 1977 musik Gamelan masuk dalam proyek Voyager miliki NASA. Pada saat itu musik Gamelan masuk Golden Record yang lalu dikirim ke luar angkasa.
17. Gamelan Jawa adalah salah satu instrumen musik yang mengisi ilustrasi musik dalam film sekuel The Hobbit.
18. Di Inggris, Gamelan Jawa difungsikan sebagai sebuah pertunjukan musik untuk terapi untuk narapidana. Hal ini sudah dilakukan selama 10 tahun terakhir dan Gamelan Jawa sudah melakukan 4000 kali terapi yang dapat membuat para pendengarnya relaks.
19. Di Lexinton, Kentucky, Amerika Serikat, terdapat sebuah kelompok Gamelan yang sudah berdiri sejak tahun 2006. Kelompok ini dimotori oleh seorang dosen Ilmu Ekonomi di Universitas Sullivan, Lexinton, Kentucky bernama Muhammad Syifan Ahmadin.
20. Selain Gamelan, alat musik tradisional tanah Nusantara lain yang dikenal dengan baik oleh dunia adalah Angklung dan Kolintang.

Itulah 20 faktar menarik tentang Gamelan Indonesia yang harus kita ketahui sebagai dasar mengenal lebih jauh Gamelan Indonesia. 20 fakta menarik Gamelan Indonesia diatas sangat membanggakan, kan? Tuliskan pendapat kalian tentang Gamelan Indonesia pada kolom komentar dibawah ya.


Salam,
Sayanusantara








Referensi:
1. https://id.wikipedia.org/wiki/Gamelan
2.http://travel.tribunnews.com/2016/08/16/gamelan-indonesia-inilah-fakta-mengenai-alat-musik-tanah-air-yang-jadi-favorit-warga-asing
3. https://chirpstory.com/li/185494
4.https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-3740415/ini-fakta-fakta-unik-saat-gamelan-sekaten-solo-dibunyikan-siang-nanti
5.http://warta-utthana.com/2016/10/27/pendidikan-karawitan-jawa-dan-kaitannya-dengan-pembentukan-karakter-individu/
6.http://warta-utthana.com/2016/10/27/pendidikan-karawitan-jawa-dan-kaitannya-dengan-pembentukan-karakter-individu/
7. https://today.line.me/id/pc/article/3bfe1caab2b22da2958b473df273c0b4a5418ab7c14ae25580bf60f5a7d9556c
8. https://www.liputan6.com/global/read/2554248/lantunan-gamelan-jawa-di-amerika
9. https://www.goodnewsfromindonesia.id/2016/08/05/3-alat-musik-tradisional-indonesia-ini-lebih-populer-di-luar-negeri

1 comment:

  1. Gamelan jawa ada di film sekuel The Hobbit? YangYan mana, tuh?

    ReplyDelete

Terbaru

13 Fakta Kerajaan Majapahit: Ibukota, Agama, Kekuasaan, dan Catatan Puisi

  Pendahuluan Sejarah Kerajaan Majapahit memancarkan kejayaan yang menakjubkan di Nusantara. Dalam artikel ini, kita akan menyelami 20 fakta...