Seperti Apa Rasa Rendang Daging Kalong?

Walaupun begitu, nyatanya tidak semua kalong bisa dijadikan bahan dasar rendang karena ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi

Siapa yang tidak mengenal rendang? Kuliner tradisional ini sangat terkenal karena kelezatannya. Tidak hanya di dalam negeri. Rendang juga terkenal di mancanegara.
Rendang sudah sejak lama dikenal sebagai salah satu kuliner terlezat di dunia. Hanya saja biasanya itu adalah rendang dengan bahan dasar daging sapi. Tapi bagaiman jika bahan dasar yang digunakan berasal dari daging kalong?
Mungkin kamu akan menggambarkan kalong sama seperti kelelawar pada umumnya. Padahal kalong berukuran lebih besar dan hanya memakan buah-buahan. Bahkan kalong Kapauk, salah satu kalong terbesar, mencapai berat 1,5 kg dan bentang sayap hingga 1,7 meter.
Jika melihat fakta tentang kalong mungkin kamu atau kita semua akan merasa enggan mencicipi rendang daging kalong. Padahal, nyatanya rendang daging kalong memiliki rasa yang sangat lezat. Inilah yang dikatakan oleh pakar kuliner William Wongso.

Kalong. Gambar: Plukme.com

Di sela-sela peluncuran Visa Epic Experiences di Jakarta 18 Oktober 2018 kemarin William Wongso mengatakan bahwa dia sudah pernah mencoba memasak rendang dengan berbagai macam daging. Hanya saja yang paling lezat adalah daging kalong.
Baginya, alasan kalong memiliki daging yang nikmat untuk dijadikan rendang karena kalong adalah hewan pemakan buah-buahan dan tidak pernah menyentuh tanah sehingga termasuk hewan yang bersih.
Walaupun begitu, nyatanya tidak semua kalong bisa dijadikan bahan dasar rendang karena ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi.
Menurut William Wongso, kriteria kalong yang pertama haruslah kalong pejantan. Karena kalong betina pada umumnya mengandung anak dan memiliki embrio. Dan biasanya dimasak adalah bagian badan bukan bagian sayap.
Menurut William Wongso daging kalong memiliki cita rasa khusus jika dibandingkan dengan daging lain yaitu manis.
Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mencoba rendang daging kalong juga?


Salam

Sumber: Kompas



3 comments:

Terbaru

13 Fakta Kerajaan Majapahit: Ibukota, Agama, Kekuasaan, dan Catatan Puisi

  Pendahuluan Sejarah Kerajaan Majapahit memancarkan kejayaan yang menakjubkan di Nusantara. Dalam artikel ini, kita akan menyelami 20 fakta...