6 Cara Memilih Travel Agent

Jadikanlah pejalanan yang kita lakukan sebagai sarana kita agar lebih mencintai Indonesia lebih dari sebelumnya..


Dari sekian banyak cara untuk dapat mencintai Indonesia, tetap saja cara dengan jalan- jalan adalah cara yang paling mengasyikan dan menyenangkan. Karena dengan melakukan perjalanan, sudah pasti kita akan menemukan berbagai macam hal baru yang akan membawa dampak positif bagi kita. Terutama untuk lebih mencintai Indonesia. Dan dengan melakukan perjalanan secara langsung, kita bisa mengetahui dan mempelajari adat istiadat daerah setempat serta memiliki kepuasan tersendiri dalam melihat keindahan alam Indonesia secara langsung.
Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk dapat melakukan perjalanan adalah dengan jasa agen perjalanan atau travel agent. Travel agent saat ini tengah menjadi alternatif tersendiri bagi para trevelers untuk melakukan sebuah perjalanan. Dan karena itulah semakin hari semakin banyak saja travel agent yang bermunculan dengan penawaran yang menggiurkan kita untuk dapat bekerja sama dengan mereka. Tapi sebelum melakukan perjalanan dengan travel agent, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu.
Sayanusantara.blogspot.co.id sudah merangkum beberapa hal yang harus kita perhatikan sebelum kita bekerja sama dengan travel agent. Beberapa hal tersebut adalah:

1.       Faktor Keamanan
Jika ini adalah perjalanan pertama kamu dengan menggunakan travel agent, pilihlah travel agent yang terpercaya. Mintalah saran atau masukan dari teman atau kerabat yang sudah pernah melakukan perjalanan dengan travel agent untuk dapat menentukan travel agent mana yang akan kamu pilih. Biasanya, kebanyakan travel agent yang menjadi pilihan orang banyak adalah travel agent yang sudah lama berdiri. Karena travel agent yang sudah lama berdiri pasti memiliki banyak pengalaman. Sehingga ketika kita memiliki kendala dalam perjalanan, travel agent tersebut dapat membantu kita dengan mudah. Selain pengalaman, travel agent yang sudah lama berdiri  biasanya juga memiliki banyak relasi dengan berbagai macam maskapai penerbangan, hotel, atau penyedia fasilitas- fasilitas lain ditempat yang kita tuju.

Sumber Gambar: www.123rf.com
Tapi yang pasti, ketika kita ingin membeli barang dari travel agent, usahakan agar kita melihat testimoni travel agent tersebut. Karena memilih travel agent tidak jauh berbeda dengan bebelanja di internet. Kita harus melihat testimoni dari pelanggan lainnya yang biasanya ada di situs web tersebut. Atau jika kita ragu pada satu travel agent, kembali lagi, mintalah saran kepada teman atau keluarga yang pernah bepergian dengan menggunakan travel agent. Atau jika kamu berada jauh dari mereka, tanyakanlah kepada pihak hotel tentang rekomendasi travel agent. Biasanya hotel memiliki banyak relasi dengan travel agent yang dapat dipercaya. Dan selain meminta saran dari teman atau kerabat atau pihak hotel, perhatikanlah dengan teliti track record travel agent yang akan kamu pilih agar kita semakin yakin bahwa travel agent yang dipilih adalah travel agent yang terpercaya.


2.       Sepesialisasi
Tentukan dengan jelas apa tujuan kamu melakukan perjalanan. Apakah untuk ibadah atau sekedar jalan- jalan. Karena seperti kita tahu ada banyak travel agent yang memiliki speseifikasi. Ada yang bertujuan untuk perjalanan ke timur tengah dan keberangkatan haji dan umroh, ada yang spesialisasi untuk perjalanan ke eropa, amerika, ataupun perjalanan domestik. Oleh karena itu, ketika kamu sudah menentukan spesialisasi perjalanan yang akan dilakukan, kamupun akan dengan mudah menentukan travel agent yang tepat. Dan ketika sudah bisa menentukan tujuan perjalanan dan travel agent, kamupun bisa menentukan perincian perjalanan yang mau kamu tuju. Jangan sampai travel agent yang kamu pilih tidak melayani tujuan ke tempat yang kamu ingin tuju. Jadi spesifikasikanlah tujuan perjalanan kamu untuk dapat memilih travel agent yang tepat.

3.       Teliti
Ketika kamu sudah menentukan apa spesialisasi perjalanan dan menentukan travel agent yang tepat, mulailah teliti dengan penawaran yang diberikan oleh travel agent. Teliti disini maksudnya memahami apa yang didapatkan oleh kamu dari travel agent. Disini tentu termasuk hak dan kewajiban yang akan kita dapatkan sebagai konsumen dari travel agent tersebut.
Ketelitian sangat penting dilakukan. Karena dengan ketelitian kamu akan tahu apa yang akan kamu dapatkan atau tidak. Seperti misalnya ketika kamu sudah melakukan sebuah tur perjalanan, barang atau jasa apa saja yang tidak kamu dapatkan dari travel agent. Atau fasilitas apa saja yang kamu tidak dapatkan dari travel agent, jangan sampai kamu menggunakan fasilitas yang tidak ditanggung oleh travel agent sehingga kamu dapat mengeluarkan cost tambahan karena kamu tidak teliti sebelumnya. Jadi ketelitian dan kecermatan adalah utama sebagai konsumen jangan sampai perjalanan yang seharusnya menjadi saat- saat yang menyenangkan menjadi mimpi buruk karena ketidaktelitian kita.
Ketelitian dan kecermatan juga berlaku bagi tiket pesawat dan pelayanan kamar hotel. Karena jangan sampai tiket pesawat yang sudah kamu dapatkan mengalami pengunduran waktu keberangkatan atau bahkan pembatalan penerbangan. Atau jangan sampai juga ketika kamu sudah sampai di tempat tujuan, kamar hotel belumlah ada pembookingan atas nama kamu. adi ketelitan dan kecermatan tidak harus dilakukan ketika kita menentukan travel agent, tapi juga ketika kita sudah memilih travel agent dan ketika akan melakukan perjalanan.

Sumber Gambar: www.etsy.com

4.       Izin Usaha
Akan lebih baik jika kita memilih travel agent yang memiliki izin usaha. Karena itu menandakan bahwa travel agent yang kita pilih adalah travel agent yang resmi. Izin usaha ini sangat berpengaruh ketika kita mendapatkan permasalahan diperjalanan. Izin usaha dalam travel agent itu akan memudahkan pemecahan permasalahan yang kita hadapi karena bersifat resmi.

5.       Pelayanan yang ramah
Salah satu pertimbangan dari memilih travel agent adalah pilihlah travel agent yang memiliki pelayanan yang ramah. Hal ini penting karena biasanya travel agent yang pelayanannya ramah kepada konsumennya adalah travel agent yang sudah berpengalaman sehingga mereka memiliki pengalaman dalam memecahkan permasalahan yang pernah dihadapi konsumen mereka sebelum- sebelumnya. Pelayanan yang ramah juga akan sangat membantu ketika kamu mengeluhkan sebuah permasalahan yang kamu temui di kemudian waktu. Pelayanan yang ramah membuat kita semakin nyaman dalam melakukan perjalanan.

6.       Pastikan travel agent Dengan sistem online langsung ke airlines
Poin ini menyangkut kepada ketersediaan tiket pesawat atau angkutan lainnya. Jangan sampai kita memilih travel agent yang tidak online dalam pelayanan karena akan sangat membuang waktu sehingga ada kemungkinan perjalanan kita dibatalkan karena tiket yang seharusnya sudah ada tapi belum ada. Online disini maksudnya adalah travel agent yang selalu update kepada perubahan waktu keberangkatan ataupun harga pesawat yang dapat berubah sewaktu- waktu dan juga dapat memesan tiket jauh- jauh hari sebelum keberangkatan. Jadi kemungkinan kamu tidak mendapatkan tiket pesawatpun akan tidak ada.


Itulah beberapa kiat dari Sayanusantara.blogspot.co.id untuk memilih travel agent untuk membantu kamu dalam membuat perjalanan baik domestik ataupun internasional.  Kiat- kait tersebut diatas dibuat berdasarkan referensi dari beberapa sumber. Jadikanlah perjalanan kamu menjadi sebuah perjalanan yang menyenangkan dan mengasyikan ya dan jadikanlah perjalanan kamu menjadi saran untuk lebih mencintai Indonesia.

Salam

Sayanusantara.blogspot.co.id

No comments:

Post a Comment

Terbaru

13 Fakta Kerajaan Majapahit: Ibukota, Agama, Kekuasaan, dan Catatan Puisi

  Pendahuluan Sejarah Kerajaan Majapahit memancarkan kejayaan yang menakjubkan di Nusantara. Dalam artikel ini, kita akan menyelami 20 fakta...