2 Langkah Mempertahankan Kemederkaan RI Bagi Generasi Muda Indonesia

Berbeda dengan merebut kemerdekaan, mempertahankan kemerdekaan adalah sebuah pekerjaan yang lebih berat.

Bangsa yang besar adalah bangsa yang dapat mempertahankan kemerdekaan yang telah diraih oleh para pahlawannya.  Karena yang paling sulit adalah mempertahankan dibandingkan dengan memerdekakan. Pada saat memerdekakan sebuah negara, orang- orang yang berada dinegara itu haruslah mengusir penjajah yang terlihat jelas. Pada masa era sebelum kemerdekaan, para pejuang kemerdekaan dapat membedakan mana kawan mana lawan karena musuh terlihat sangat jelas. Sehingga kemerdekaan pun tidak terlalu sulit untuk direbut karena mereka sudah tahu siapa musuhnya.
Berbeda dengan merebut kemerdekaan, mempertahankan kemerdekaan adalah sebuah pekerjaan yang lebih berat. Karena kita tidak tahu musuh yang sebenarnya yang mana. Seperti misalnya pada era globalosasi ini, saat dimana pasar internasional bebas masuk sampai ke desa- desa pelosok negeri. Pada era ini akan sangat sulit membedakan mana pihak yang ingin melemahkan bangsa dan mana pihak yang ingin membangun bangsa? Karena cara mereka masuk ke negara ini adalah sama, yaitu dengan cara berdagang. Terlepas dari apa yang diperdagangkan ataupun besarnya jumlah dagangan.
Berikut adalah cara- cara yang mungkin dapat kita lakukan untuk dapat mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari mereka yang ingin merebutnya. cara- cara tersebut adalah:

1.       Mengenal kembali Indonesia
Mengenal kembali Indonesia tidak hanya berarti Indonesia yang sekarang ada. Tapi juga mengenal kejadian- kejadian pada era sebelum Indonesia memerdekakan diri. Seperti misal mengenal sejarah kerajaan- kerajaan yang pernah ada, kebudayaan apa yang mereka tinggalkan, bagaimana cara mereka berfikir, bagaimana caranya kebudayaan asing masuk ke tanah Nusantara, ataupun bagaimana cara kerajaan- kerajaan dahulu menjadi kerajaan yang kuat dan perkasa sehingga mampu mengusir para penjajah dari eropa.
Mengenal kembali masa lalu ini adalah penting bagi generasi muda yang ingin mempertahankan kemederdekaan. Karena langkah yang dilakukan bangsa eropa yang pernah datang ke Indonesia, selain mengeksplorasi kekayaan alam, juga menghapus sejarah yang pernah terjadi. Sejarah- sejarah yang dihilangkan tersebut memang tidak berpengaruh langsung pada saat itu juga, tapi berpengaruh pada lebih dari 200 sampai 500 tahun kemudian.
Pengaruh jangka panjang dari dihilangkannya cerita sejarah masa lalu ini berpengaruh langsung kepada generasi muda bangsa Indonesia yang menjadi tidak tahu jati diri bangsanya sendiri. Mereka hanya mengetahui apa yang banyak dikisahkan oleh mainstream, mereka hanya mempercayai cerita- cerita mitos yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan perjuangan mempertahankan Nusantara masa lalu. Dan jika hal ini terjadi, maka bangsa lain akan melihat kesempatan untuk kembali datang ke Indonesia karena mereka melihat peluang, bahwa generasi muda bangsa Indonesia adalah generasi yang buta sejarah sehingga akan sangat mudah dipengaruhi.

2.       Mencari bukti sejarah
Jika kita sudah mengetahui banyaknya cerita atau kisah- kisah yang hilang, maka kitapun harus pandai- pandai membuktikan bahwa Indonesia adalah sebuah bangsa yang besar dan kuat pada masa lalu. Salah satu caranya adalah dengan mempelajari kembali serta mengerti essensi dari kebudayaan atau tradisi yang masih ada di Indonesia. Karena ketika kita mengerti maksud dari tradisi yang ada, itu akan menjadi sebuah bukti tersendiri yang akan menambah keyakinan kita bahwa Indonesia adalah bangsa yang kuat.
Mencari bukti sejarah juga merupakan hal yang penting karena kita dapat mempelajari sejarah bangsa ini dengan maksimal. Karena selain memusnahkan sejarah, bangsa asing yang pernah menjajah Indonesia juga membawa pergi bukti sejarahnya. Berapa banyak pusaka asli kerajaan Indonesia yang tidak dimiliki Indonesia dan justeru menjadi barang hiasan di museum negara lain? Apakah selama lebih dari 350 tahun bangsa asing hanya membawa pergi pala, lada dan kemenyan? Karena pada saat yang bersamaan pada saat itu tentu sangat banyak kerajaan- kerajaan yang masih berdiri dan memiliki berbagai macam pusaka kerajaan. Sekarang dimana pusaka- pusaka itu?

Hilangnya bukti sejarah ini menjadikan banyak generasi muda semakin yakin bahwa Indonesia dahulu adalah bangsa yang ‘biasa- biasa saja’. Dan meskipun mereka melihat dan tahu apa yang seharusnya dimiliki olehnya tapi justeru dimiliki bangsa lain, dia tidak akan bisa berbuat apa- apa karena dia tidak memiliki bukti apapun yang membuktikan bahwa barang yang dimiliki bangsa asing itu adalah benar- benar miliknya.

Lukisan sejarah Nusantara di dinding candi Borobudur
Sumber gambar: Wikipedia

Dua hal inilah yang mungkin dapat dilakukan generasi muda untuk mempertahankan kemerdekaan yang telah dicapai para pahlawan pada masa yang lalu. Kepedulian adalah segalanya untuk bertahan. Karena jika kita sudah cuek terhadap tanah air, pastilah kita akan mudah diombang- ambing oleh bangsa lain yang ingin merebut kemerdekaan. Contoh kecil dari kepedulian yang bisa kita tunjukan adalah dengan peduli terhadap kebudayaan asli yang sudah mulai hilang saat ini.
Seperti misalnya di Jawa Barat, di tanah Sunda ini mungkin sudah banyak kebudayaan- kebudayaan asli atau tradisi- tradisi masyarakat yang sudah di wariskan oleh nenek moyang yang terancam punah dan dilupakan. Semakin sedikit orang yang peduli terhadap kebudayaan- kebudayaan tersebut. Dan memudarnya kepedulian tersebut akan menjadi celah bagi bangsa asing untuk merebut kebudayaan tersebut menjadi miliknya. Dan ketika bangsa asing mengakui kebudayaan asli Indonesia sebagai kebudayaan aslinya barulah generasi muda berlomba-lomba untuk peduli kepada kebudayaan tersebut untuk mempertahankannya. Karena salah satu cara bangsa lain merebut kembali kemerdekaan Indonesia adalah melalui hal- hal asli Indonesia yang tidak dipedulikan oleh masyarakat Indonesia. Semakin banyak yang tidak kita pedulikan, semakin banyak pula yang akan diambil.

Sudah saatnya kita peduli kepada tanah air ibu pertiwi ini. Jangan lagi kita cuek terhadap kebudayaan atau tradisi dan keyakinan yang ada didalam sejarah Indonesia. Jangan lagi kita menganggap bahwa kebudayaan atau tradisi asli tersebut sebagai sebuah kesalahan masa lalu yang tidak lagi relevan dengan kehidupan era modern saat ini. Jika kita beranggapan seperti itu, mungkin kita yang akan salah kemudian. Karena kebudayaan itulah, tradisi itulah, keyakinan itulah yang pernah membuat bangsa Nusantara menjadi bangsa yang dihormati dunia. Mari kembali peduli kepada ibu pertiwi…

No comments:

Post a Comment

Terbaru

13 Fakta Kerajaan Majapahit: Ibukota, Agama, Kekuasaan, dan Catatan Puisi

  Pendahuluan Sejarah Kerajaan Majapahit memancarkan kejayaan yang menakjubkan di Nusantara. Dalam artikel ini, kita akan menyelami 20 fakta...