Inilah Sejarah Ketan Bintul Banten Yang Cuma Diketahui Oleh Segelintir Orang Yang Bikin Orang Penasaran Sampai Sekarang

Saat memasuki bulan Ramadhan setiap bulannya, masyarakat Banten pasti banyak yang mencari Ketan Bintul. Kamu Juga? Tapi apakah kamu tahu sejarah Ketan Bintul Banten yang jarang diketahui orang itu?

Seperti namanya, Ketan Bintul adalah makanan yang terbuat dari nasi ketan yang ditaburi serundeng. Awalnya beras ketan ini dikukus berasama air santan dan dan garam. Setelah matang barulah ketan ditaburi oleh serundeng.

Menurut kabar, Ketan Bintul adalah makanan tradisional khas Serang yang pada masanya menjadi makanan kesukaan Sultan Maulana Hassanudin. Biasanya Ketan Bintul disantap oleh sultan pada saat jam berbuka puasa.

Salah satu hal yang sangat melekat di hati masyarakat tentang Sultan Maulana ini adalah sifatnya yang rendah hati, tidak pernah membedakan orang berdasarkan latar belakangnya, sampai dengan tidak ragu berkumpul dengan masyarakatnya.

Melihat Sultan menyukai Ketan Bintul menjadikan masyarakat juga mulai menyantap Ketan Bintul untuk berbuka puasa untuk menghormati Sultan mereka. Itulah kenapa sampai hari ini masyarakat Serang tidak bisa terlepas dari Ketan Bintul ini.

#1
milenia.id





#2
merahputih.com





#3
idntimes.com






<< Sebelumnya                      Selanjutnya >>

No comments:

Post a Comment

Terbaru

13 Fakta Kerajaan Majapahit: Ibukota, Agama, Kekuasaan, dan Catatan Puisi

  Pendahuluan Sejarah Kerajaan Majapahit memancarkan kejayaan yang menakjubkan di Nusantara. Dalam artikel ini, kita akan menyelami 20 fakta...