Tujuan Tradisi Maudu Lompoa Takalar Yang Bikin Banyak Orang Salah Kaprah



Banyak yang salah paham tentang tujuan tradisi Maudu Lompoa di Takalar. Padahal, tradisi ini termasuk salah satu tradisi yang hampir setiap tahun diadakan di Takalar, Sulawesi Selatan.

Dapat dikatakan bahwa Maudu Lompoa merupakan tradisi dari dua kebudayaan berbeda. Kebudayaan Islam dan kebudayaa lokal sekitar sehingga mampu membentuk sebuah tradisi yang turun temurun sampai saat ini.

Daya tarik dari Maudu Lompoa Takalar ini adalah adanya kapal-kapal kayu yang dihias. Dalam bahasa setempat kapal kayu ini dinamakan Julung-Julung.

Julung-julung merupakan kapal kayu yang cukup besar dan biasanya diisi dengan hasil bumi daerah Takalar dan beberapa kebutuhan sehari-hari. Kapal ini kemudian dihanyutkan di sungai dan dikumpulkan dalam satu tempat.

Barang-barang yang ada didalam kapal kayu kemudian dikumpulkan dan dibagikan kepada semua orang yang hadir.

Acara inti dari Maudu Lompoa adalah Rate atau pembacaan syair atau shalawat yang ditujukan kepada Nabi Muhammad SAW. Bahkan dibeberapa kesempatan terkadang pegelaran seni beladiri Silat juga turut ditampilkan untuk memeriahkan suasana.

Selain untuk acara Maulid Nabi, tujuan lain tradisi Maudu Lompoa Takalar yang bikin banyak orang salah kaprah adalah sebagai sarana silaturahim antar warga masyarakat Takalar.

#1
indonesiakaya





#2
indonesiakaya






#3
indonesiakaya

1 comment:

Terbaru

13 Fakta Kerajaan Majapahit: Ibukota, Agama, Kekuasaan, dan Catatan Puisi

  Pendahuluan Sejarah Kerajaan Majapahit memancarkan kejayaan yang menakjubkan di Nusantara. Dalam artikel ini, kita akan menyelami 20 fakta...