6 Fakta Tentang Singing Dog Dari Papua


Indonesia adalah negara yang terkenal dengan kekayaan alamnya. Bahkan, dari sekian banyak yang sudah ditemukan, ternyata masih ada banyak kekayaan alam yang belum terdata dimana salah satunya adalah Singing Dog yang baru-baru ini ditemukan di Papua.
Tidak banyak yang mengetahui tentang Singing Dog ini kecuali suku-suku yang ada disekitar tempatnya di temui. Dan jika kamu penasaran, berikut 6 fakta tentang Singing Dog dari Papua yang harus kamu ketahui:  

1. Tidak menggonggong
Singing Dog adalah salah satu jenis fauna yang belum lama ditemukan di kawasan Grasberg, Tembagapura, Mimika, Papua. Jika dilihat secara sekilas, Singing Dog lebih serupa dengan serigala namun tidak melonglong atau mengeluarkan suara seperti serigala pada umumnya. Singing Dog hanya mengeluarkan suara melengking tinggi seperti bernyanyi.

2. Diduga memiliki kedekatan dengan Dingo dari Australia
Saat pertama kali ditemukan, Singing Dog lebih dikaitkan dengan Dingo yang berasal dari Australia. Hanya saja ketika lebih diperhatikan lebih jauh, Singing Dog ternyata memiliki bentuk yang lebih primitif.

Ilustrasi gambar: youtube.com


3. Sebutan dari suku Moni
Suku Moni, suku asli Papua yang berdiam di sekitar pegunungan Jawawijaya yang juga dekat dengan kawasan Grasberg, mengenal Singing Dog dengan nama Sege Home. Mereka meyakini bahwa Sege Home adalah fauna asli yang sudah ada sejak dahulu dan diyakini sebagai anjing penjaga puncak Carstensz.

4. Banyak hewan serupa
Tidak hanya Singing Dog, ternyata di Papua juga masih banyak kekayaan alam yang belum dikenali. Seperti misalnya Disingo. Hewan sejenis koala Australia yang hanya tinggal pada daerah dataran tinggi pada ketinggian 4.000 mdpl.
Disingo sendiri hanya ada di Papua dan menjadikannya hewan endemik Papua yang memiliki nama ilmiah Dendrolagus mbasio. Tidak hanya serupa koala, Disingo juga diyakini sebagai kangguru pohon.

5. Cara hidup
Sama seperti Disingo, Singing Dog hanya bisa ditemui pada dataran tinggi, minimal 7.000 meter diatas permukaan laut. Singing Dog hidup secara berkelompok yang terdiri dari 4 ekor Singing Dog: 1 ekor pejantan sebagai pimpinan dan 3 ekor betina.

6. Belum banyak data yang dikumpulkan
Seperti di singgung diawal, Papua adalah salah satu pulau yang memiliki banyak kekayaan alam dan masih banyak yang belum terdata. Padahal jika dikelola dengan baik, bisa saja kekayaan tersebut menjadi daya tarik tersendiri baginya untuk menarik turis datang berkunjung dan meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Papua sejatinya adalah gambaran dari Indonesia. Kekayaan alam yang dimilikinya adalah gambaran dari kekayaan alam yang ada di Indonesia yang harus dijaga karena sejatinya merupakan identitas diri negara ini.
Itulah 6 fakta tentang Singing Dog yang harus kamu ketahui. Semoga bermanfaat.


Ref: Detik.com

No comments:

Post a Comment

Terbaru

13 Fakta Kerajaan Majapahit: Ibukota, Agama, Kekuasaan, dan Catatan Puisi

  Pendahuluan Sejarah Kerajaan Majapahit memancarkan kejayaan yang menakjubkan di Nusantara. Dalam artikel ini, kita akan menyelami 20 fakta...