Nyaris 0 Derajat. Dieng? Bukan! Ini Penampakan Kota Terdingin Di Indonesia Yang Tidak Banyak Orang Tahu


Apa kata pertama yang kalian pikirkan ketika ada seseorang menyebutkan kata Papua? Kekayaan alam? Ternyata Papua menyimpan banyak tempat indah yang harus kamu coba kunjungi dalam waktu dekat.
Di kenal juga dengan nama distrik Mulia, kota Mulia adalah kota terdingin di Indonesia yang ada di Papua. Baru pertama kali dengar? Berikut penjelasan singkat dari kota terdingin di Indonesia tersebut.


gambar: pixabay.com


Kota Mulia adalah salah satu kota yang berada di Kabupaten Puncak Jaya Wijaya, Papua. Kota ini ada pada ketinggian 2.448 meter dari permukaan laut. Saking dinginnya, konon saat malam tiba suhu di kota Mulia ini bisa mencapai 9 derajat celcius. Mendekati 0 derajat!!

Baca juga: Nasib 14 Permainan Tradisional Indonesia Di Jaman Modern

Jika memang disana dingin bagaimana cara hidup masyarakat disana? Salah satu cara hidup masyarakat setempat untuk mengatasi dingin adalah dengan tinggal didalam honai yang merupakan rumah adat khas Papua. Karena hanya memiliki satu pintu dan tidak memiliki jendela, honai adalah tempat tinggal ideal bagi masyarakat setempat karena mampu menahan dinginnya udara sekitar. Walaupun seperti itu tidak semua bangunan menggunakan honai karena tetap ada bangunan yang terbuat dari semen dan bahan-bahan lain seperti bangunan pada umumnya. Hanya saja bangunan seperti itu biasanya hanya digunakan sebagai bangunan pemerintahan atau pelayanan publik.
Walaupun berada di atas ketinggian 2.448 mdpl, kota Mulia bukanlah sebuah kota yang tertinggal atau terbelakang. Karena kota Mulia sendiri diperkirakan memiliki penduduk mencapai 24.649 jiwa dan sudah dilengkapi dengan infrastruktur yang berfungsi sebagai pelayanan publik. Salah satunya adalah sekolah sampai dengan rumah ibadah dan bandara.

Baca juga: 4 Alasan Kenapa Kita Harus Melestarikan Budaya Indonesia

Daya tarik lain yang dimiliki oleh kota Mulia adalah pemandangan alamnya. Karena berada di dataran tinggi dan berada di kawasan puncak Jaya Wijaya, kota Mulia memiliki pemandangan alam yang indah dengan landscape pegunungan Jaya, sungai dengan air yang jernih, lembah hijau, dan sebagainya.


Video: Youtube/Donny Renmaur

Kota Mulia adalah salah satu destinasi yang harus kamu kunjungi jika sedang atau akan mengunjungi papua. Pasti akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan saat mengunjunginya.

Baca juga: 3 Langkah Mudah Mencintai Indonesia

Hanya saja untuk mencapai kota Mulia tidaklah mudah. Karena kota tersebut berada di ketinggian, maka cara termudah untuk mencapainya adalah dengan pesawat terbang jenis caravan. Karena jika menggunakan jalur darat kita akan membutuhkan waktu selama 16 jam untuk sampai kesana setelah melewati jurang dan jalan berbatu khas daerah pegunungan.
Apa kamu tertarik untuk mengunjungi kota Mulia? Apa gambaran pribadi kamu tentang kota ini? Tuliskan pendapat kalian tentang kota Mulia sebagai kota terdingin di Indonesia ini di kolom komentar dibawah.


Salam
Sayanusantara


Sumber: Kumparan.com

No comments:

Post a Comment

Terbaru

13 Fakta Kerajaan Majapahit: Ibukota, Agama, Kekuasaan, dan Catatan Puisi

  Pendahuluan Sejarah Kerajaan Majapahit memancarkan kejayaan yang menakjubkan di Nusantara. Dalam artikel ini, kita akan menyelami 20 fakta...