Hubungan Antara Efek Domino Dengan Nusantara Yang Tidak Pernah Dikupas Sebelumnya


Apa itu efek domino? Kenapa sangat penting membahasnya sekarang? Efek domino adalah salah satu hal yang sangat menarik untuk dibahas. Terlebih jika dikupas lebih dalam lagi ternyata ada hubungan antara efek domino dengan nusantara yang tidak pernah dikupas sebelumnya. Maksudnya?
Penjelasan singkat dari efek domino adalah bahwa satu aktifitas yang kita lakukan akan secara langsung mempengaruhi aktifitas yang lainnya. Seperti domino: satu jatuh maka yang lain akan ikut jatuh. Jadi sebenarnya jika kita bicara tentang ini, efek domino adalah sesuatu yang universal. Bisa dilakukan siapa saja atau pada apa saja. Hanya saja saat ini saya ingin membahas hubungan efek domino dengan kehidupan kita di tanah Nusantara ini.
Efek domino mengajarkan kepada kita bahwasanya semua aktifitas yang kita lakukan sangat berkaitan erat dengan aktifitas yang akan kita lakukan selanjutnya. Itulah kenapa kita mengenal dengan namanya pilihan dan keputusan. Kita dihadapkan pada beberapa pilihan, kita menentukan pilihan mana yang akan kita pilih, dan efek domino akan akan mengantarkan kita kepada hasil yang akan didapatkan.



Professor BJ Fogg dari Universitas Stanford pernah mengatakan sesuatu tentang efek domino ini. Katanya, “kamu tidak akan bisa merubah sebuah kebiasaan karena semua kebiasaan kita saling terhubung dan berhubungan. Jadi saat kamu merubah satu kebiasaan maka kebiasaan lain juga akan ikut berubah.”

Baca juga: Penting.Inilah 3 Alasan Hilangnya Sebuah Sejarah Yang Dapat Berakibat Hancurnya Sebuah Bangsa

Lalu apa hubungan efek domino dengan Nusantara yang ingin saya bahas disini? Dari penjelasan professor BJ Fogg kita mengetahui bahwa efek domino tidak melulu tentang hasil. Tapi tentang proses dan progress. Jadi apapun yang kita lakukan di tanah Nusantara pada saat ini sudah pasti akan menentukan apa yang terjadi pada tanah Nusantara pada waktu kedepan.
Apa contohnya? Mudah saja. Sekarang banyak orang yang mulai tersadar bahwa bangsa ini sudah mulai krisis multidimensi yang sangat akut. Ada banyak permasalahan yang seperti tiba-tiba muncul begitu saja dan mempengaruhi aspek-aspek lainnya.
Seperti misalnya ketika ada permasalahan pada bidang pertanian, masalah itu serta merta langsung terhubung dengan permasalahan lain seperti ekonomi, kesejahteraan, keamanan, bahkan politik dan pertahanan keamanan. Awalnya sepele tapi jika dibiarkan efek domino terus berjalan dan membawa kepada sesuatu yang lebih besar lagi nantinya.
Bicara efek domino juga berbicara tentang komitmen dan konsistensi. Apa yang kita inginkan, kita komitmen untuk mendapatkannya, konsisten dalam mengejarnya, apapun itu pasti akan kita dapatkan. Begitu juga dengan apa yang kita ingin dapatkan dari tanah Nusantara.
Ini bukanlah kritisi tentang apa yang sudah terjadi tapi ini adalah solusi untuk memecahkan permasalahan yang sudah berlarut ini. Karena jika kita ingin mendapatkan hidup yang lebih baik kita sudah harus mulai melakukan hal yang baik saat ini juga.
Pernah olah raga rutin sebelum ini? 2 hari? 3 hari berturut-turut? Saat kita melakukannya pasti kita akan merasakan sesuatu yang berbeda, sesuatu yang berubah, dan sesuatu yang mendorong kita untuk terus mempertahankan kenikmatan yang dirasakan dari olah raga itu. Kita mulai makan yang sehat-sehat, mulai mempromosikan olah raga kepada teman-teman dekat, sampai dengan rajin minum air mineral agar tubuh sehat kita tetap terjaga kebugarannya.
Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, apa yang terjadi pada bangsa ini adalah efek dari aktifitas bangsa ini beberapa tahun sebelumnya. Yang namanya efek tentu saja tidak langsung dirasakan saat itu juga kan? Dia baru akan dirasakan beberapa waktu kemudian.
Terus maksud dari tulisan ini apa sih? Maksudnya adalah kita semua sangat menginginkan kehidupan yang lebih baik, lebih aman, lebih sejahtera, bahkan lebih layak dari pada saat ini. Tapi bagaimana caranya kita mendapatkan itu semua jika apa yang kita lakukan jauh dari norma-norma yang diajarkan nenek moyang bangsa ini?
Pada masanya Nusantara adalah sebuah negeri yang sangat makmur. Gemah Ripah Loh Jinawi, tongkat kayu ditanam jadi tanaman, kolam susu, rempah-rempah yang lebih mahal dari emas, penjelajah ulung, bangsa penakluk, bahkan masih banyak lagi kekayaan dan pencapaian yang dimiliki. Itu semua tentu saja bukanlah satu hal yang tiba-tiba ada dan tiba-tiba terjadi kan? Semua pencapaian itu adalah efek dari efek domino sebelumnya.
Efek domino adalah salah satu kebenaran universal yang bisa dipelajari, dimengerti, bahkan di pertanggung jawabkan keberadaannya. Itulah kenapa perubahan yang kita inginkan haruslah dimulai saat ini juga. Contohnya sesederhana jangan mencubit kalau tidak mau mencubit, jangan memaki jika tidak mau memaki, jangan buang sampah sembarangan jika tidak ingin kebanjiran sampah, atau hal- hal sederhana lainnya yang biasa kita lakukan setiap hari.
Ada satu prinsip yang saya pegang dalam hidup ini yang membawa efek luar biasa bagi kehidupan saya: jangan pernah menyalahkan orang lain. Salahkan diri sendiri.
Hey!! apa yang terjadi kan salah mereka makanya sekarang kita kayak gini! Ya benar. Tapi bukan berarti semua yang sudah terjadi harus terus terjadi. Ingat efek domino: komitmen dan konsistensi. Jika saya menginginkan perubahan tidak ada gunanya menyalahkan mereka. Itu faktor X. itu satu hal yang tidak bisa di kendalikan. Yang bisa saya kendalikan adalah bagaimana saya menyikapi itu semua dan memulai sesuatu yang baru.

Baca juga: Siapa Bilang Mereka Tidak Sekolah? Pertama Kali Dibahas. Anak-anak pedalaman Indonesia Itu Homeschooling

Ketika saya menyalahkan diri sendiri artinya saya akan mendapatkan pelajaran dari sana. Tapi jika saya menyalahkan orang lain itu hanya akan membangkitkan rasa sombong dan angkuh saja. Saya menganggap saya sempurna dan tidak ada pelajaran yang bisa diambil.
Jangan coba kendalikan apa yang tidak bisa dikendalikan. Itu buang- buang waktu. Kendalikan apa yang bisa kita kendalikan. Keputusan ada ditangan kita bukan ditangan mereka. Jika saya ingin mendapatkan perubahan dan mendapatkan hidup yang lebih baik dna lebih layak maka itu sepenuhnya tanggung jawab saya dan saya harus membuat domino efek dari sekarang.
Hal baik yang dilakukan akan membawa hal baik datang. Hal buruk dilakukan akan membawa ptaka buruk datang.
Saatnya kita melakukan sesuatu yang positif untuk tanah Nusantara mulai saat ini. Mulai dari hal yang terkecil seperti saling berkasih sayang, saling peduli, saling melindungi, saling mengayomi, dan sebagainya. Itu semua mudah dilakukan semudah kita membuang sampah pada tempatnya.
Domino efek adalah cara. Bagaimana efeknya tergantung siapa pelakuknya. Jadilah orang yang kotor untuk memberikan dampak kerusakan atau jadilah orang yang bersih untuk membawa perubahan positif untuk bangsa ini. Sekarang semua terserah kita. Masa depan bangsa ini ada di tangan kita. Bukan ditangan mereka.
Ini pendapat saya tentang hubungan antara efek domino dengan Nusantara yang tidak pernah dikupas sebelumnya. Kamu ada pendapat lain tentang hubungan efek domino ini dengan Nusantara? Tuliskan komentar kamu pada kolom komentar di bagian bawah postingan ini.

Salam,
Sayanusantara

Ref. JamesClear.com

No comments:

Post a Comment

Terbaru

13 Fakta Kerajaan Majapahit: Ibukota, Agama, Kekuasaan, dan Catatan Puisi

  Pendahuluan Sejarah Kerajaan Majapahit memancarkan kejayaan yang menakjubkan di Nusantara. Dalam artikel ini, kita akan menyelami 20 fakta...