Tidak Banyak Dipedulikan Orang. Beberapa Fakta Mencengangkan Hutan Hujan Sumatra


Hutan hujan Sumatra adalah salah satu warisan dunia yang teramat penting untuk dijaga keberadaannya. Kenapa sangat penting? Karena kini jumlah mereka yang peduli tentang hutan hujan Sumatra semakin sedikit.
Hutan hujan Sumatra dijadikan sebagi warisan dunia oleh UNESCO yang merupakan salah satu bidang PBB yang bergerak di bidang pendidikan, kebudayaan, dan keilmuan. Hanya saja, walaupun sudah di tetapkan kini hutan hujan Sumatra tetap belum keluar dari status terancamnya.


gambar: idntimes.com

Hutan hujan Sumatra adalah salah satu hutan yang menjadi paru-paru bagi dunia karena wilayahnya yang sangat luas. Hutan hujan Sumatra adalah salah satu penghasil oksigen yang sangat dibutuhkan oleh dunia. Dan jika terancam menandakan kehidupan masyarakat dunia juga mulai terancam.
Selain sebagai paru-paru dunia, hutan hujan Sumatra adalah rumah dari banyak sekali spesies flora dan fauna uyang unik dan langka. Bahkan hutan hujan Sumatra ini merupakan tempat dimana flora dan fauna endemik ditemukan.

Baca juga: Alasan Harimau Sumatera terancam punah

Hutan hujan Sumatra memiliki luas sekitar 2,5 juta hektar dan juga terdiri dari tiga Taman Nasional. Seperti misalnya Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, Taman Nasional Gunung Leuser, dan Taman Nasional Kerinci Seblat.
Salah satu ancaman yang selalu mengintai hutan hujan Sumatra adalah pembakaran lahan oleh masyarakat setempat. Padahal membakar hutan secara ilegal adalah tindakan yang melanggar hukum namun tetap saja terjadi di beberapa tempat.
Pembakaran hutan menjadi sebuah permasalahan serius yang harus ditangani dengan serius pula. Pasalnya keseimbangan ekosistem dunia dan Indonesia saat ini ditentukan oleh keberadaan dari hutan hujan ini.

Baca juga: Alasan Orang Papua Menghargai Burung Cendrawasih

Selain itu sangat disayangkan apabila terdapat flora atau fauna endemik daerah setempat yang juga harus menjadi korban dari pembakaran ini. Padahal saat ini jumlah mereka sudah semakin sedikit dan semakin terancam keberadaannya seperti harimau sumatra, gajah sumatra, dan juga badak sumatra.


Video: Youtube/Apa Aja


Apa pendapatmu tentang hutan hujan Sumatra ini? Apa yang kira-kira bisa kita lakukan untuk menjaga kelestarian hutan hujan ini?
Hutan hujan Sumatra adalah gambaran dari kekayaan bangsa Nusantara sejak dahulu kala. Sangat banyak banyak hal positif yang bisa kita ambil dari sana. Hanya saja ternyata lebih banyak orang yang tidak peduli dibandingkan mereka yang peduli denan hutan hujan Sumatra ini.
Tuliskan pendapat kamu tentang hutaan hujan Sumatra pada kolom komentar di bawah jika kamu termasuk orang yang peduli dengan kelansungan hidup hutan hujan Sumatra.

Salam,
Sayanusantara


Ref. Idntimes.com

No comments:

Post a Comment

Terbaru

13 Fakta Kerajaan Majapahit: Ibukota, Agama, Kekuasaan, dan Catatan Puisi

  Pendahuluan Sejarah Kerajaan Majapahit memancarkan kejayaan yang menakjubkan di Nusantara. Dalam artikel ini, kita akan menyelami 20 fakta...