14 Fakta Menarik Tentang Jamu


Bagi orang Indonesia, jamu adalah minuman herbal untuk menjaga kesehatan yang sangat manjur. Cara pembuatan yang sudah di turunkan secara turun temurun menjadikan jamu menjadi obat tradisional bagi orang Indonesia untuk mengatasi berbagai macam penyakit.
Walaupun pada saat ini sudah banyak tersedia obat kimiawi, namun jamu tetap menjadi pilihan bagi banyak orang Indonesia untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.
Dan bagi anda yang ingin mengenal lebih jauh tentang jamu, berikut 14 fakta menarik tentang Jamu yang harus anda ketahui. 14 Fakta menarik tentang jamu tersebut adalah:
1. Jamu termasuk obat herbal yang dibuat dengan bahan-bahan alami. Biasanya jamu atau obat herbal ini terbuat dari beberapa bagian tumbuhan seperti akar, kulit batang, daun, ataupun buah. Selain itu, terdapat pula beberapa jenis jamu yang terbuat dari bagian-bagian tubuh hewan seperti empedu ular, empedu kambing, bahkan tengkur buaya. Masing-masing bahan memiliki kelebihannya sendiri yang diyakini mampu menyembuhkan penyakit yang ada.
Jamu atau obat herbal. Gambar: majalahkartini.co.id
2. Pada umumnya, jamu adalah obat herbal tradisional dengan rasa yang pahit. Untuk mentoleransi rasanya, beberapa orang menambahkan madu sehingga rasa jamu menjadi lebih manis. Selain madu, anggur juga sering dijadikan campuran jamu sehingga jamu akan terasa hangat didalam tubuh.
3. Ada beberapa jenis jamu berdasarkan fungsi. Yaitu jamu untuk menjaga kesehatan serta jamu menjaga stamina hubungan suami istri.
4. Terdapat sekitar 13.000 jenis tanaman yang bisa dijadikan bahan baku jamu atau obat herbal dimana masing-masing memiliki kelebihannya sendiri. Hanya saja, kebanyakan orang belum mengetahuinya tanaman apa saja itu.
5. Sentra penjualan jamu yang cukup dikenal di Indonesia adalah kabupaten Sukoharjo yang berada di Jawa Tengah. Bahkan di salah satu kecamatan yang ada disana, kecamatan Nguter, merupakan tempat banyak penjual jamu gendong berasal.
6. Di desa Bulakrejo, kabupaten Sukoharjo, terdapat Patung Jamu dan Petani” yang kini menjadi ikon tersendiri bagi kabupaten Sukoharjo.
7. Walaupun termasuk minuman tradisional, jamu kini sudah diproduksi secara modern oleh beberapa perusahaan besar yang ada di Indonesia sehingga akhirnya jamu dikenal lebih luas lagi oleh masyarakat Indonesia bahkan dunia.
8. Jamu Gendong adalah sebutan dari jamu yang biasa dijual atau dijajakan secara berkeliling dengan cara digendong dan merupakan jenis jamu hasil produksi rumahan. Walaupun masih cukup mudah ditemui dibeberapa tempat, nyatanya tidak semua penjual jamu gendong menjual jamu yang sama dengan penjual jamu gendong yang lain. Walaupun seperti itu jamu yang dijual biasanya adalah beras kencur, kunir asam, dan cabe puyam, karena jamu-jamu tersebutlah yang cukup banyak peminatnya.
9. Riset dan pengembangan jamu di Indonesia dilakukan oleh Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional (Babe Litbang TOOT).
10. Pangsa pasar obat herbal atau jamu sangat bersaing dengan pangsa pasar obat bebas. Hal ini bisa dilihat pada tahun 2017 dimana pangsa pasar obat herbal mencapai Rp15 miliar dan pangsa pasar obat bebas mencapai RP29.52 miliar.
Jamu atau obat herbal. Gambar: hellosehat.com
11. Walaupun termasuk obat herbal tradisional, namun jamu termasuk jenis minuman yang berkembang. Seperti misalnya dalam segi penyajiannya yang dahulu diaduk-aduk kini jamu hanya perlu diseduh dengan air panas dan mudah dibawa kemana-mana.
12. Pada 17 Februari 2018 lalu terdapat Festival Minum Jamu. Event yang dibuat dalam rangka turut Mangayubagyo Hadeging Nagari Ngayogyakarta Hadiningrat ke 271 diadakan di Plaza Ngasem Yogyakarta dan merupakan event minum jamu yang baru pertama kali dibuat didunia.
13. Pada tahun 2015 jamu pernah diusulkan kepada UNESCO untuk mendapatkan pengakuan dunia sebagai warisan asli tanah Nusantara.
14. Saat ini jamu tidak hanya dinikmati dengan cara diminum tapi para produsen jamu juga membuat jamu menjadi es krim ataupun menjadi campuran teh dan kopi untuk menarik perhatian anak muda untuk menikmati jamu.

Itulah 14 fakta menarik tentang jamu yang marupakan obat herbal asli tanah Nusantara. Jamu merupakan minuman khas yang keberadaannya harus terus dijaga karena melalui jamu kita menjadi tahu bahwa memang benar tanah Nusantara merupakan tanah yang sangat kaya.
Punya pendapat lain tentang jamu yang ingin anda sampaikan? Silahkan tuliskan pendapat anda pada kolom komentar dibawah ini.


Sayanusantara







Ref:
1. https://id.wikipedia.org/wiki/Jamu#Penjualan_jamu_gendong
2. https://www.liputan6.com/regional/read/3296418/begini-cara-kerja-jamu-kuat
3.https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20180417184633-255-291506/jamu-dan-obat-herbal-masih-diminati-masyarakat
4. http://www.jogja.co/event-jogja-festival-minum-jamu-akan-digelar-di-yogyakarta/
5. https://www.kerjausaha.com/2016/07/5-fakta-menarik-jamu-tradisional.html




1 comment:

Terbaru

13 Fakta Kerajaan Majapahit: Ibukota, Agama, Kekuasaan, dan Catatan Puisi

  Pendahuluan Sejarah Kerajaan Majapahit memancarkan kejayaan yang menakjubkan di Nusantara. Dalam artikel ini, kita akan menyelami 20 fakta...